Mengenal potensi Alam Wisata Desa Ambengan : Pesona Air Terjun Jembong

Pemdes Ambengan 12 Januari 2023 10:37:33 WITA

Buleleng memiliki luas wilayah 2/3 wilayah Bali. Keindahan alam nyegara gunung yang sangat memukau merupakan suatu peluang wisata yang dimiliki Kabupaten Buleleng. Sebenarnya istilah nyegara gunung adalah suatu tradisi Bali yang dilakukan dalam rangkaian prosesi Upacara Ngaben, namun karena Buleleng memiliki pesona alam pantai hingga pegunungan yang indah membuat istilah nyegara gunung melekat pada Buleleng. Berbicara tentang pesona alam, tidak ada habis-habisnya kalau dikaitkan dengan pesona pegunungan Buleleng seperti air terjun, alam perbukitan, keindahan hamparan sawah, hingga keunikan adat dan budaya masyarakat setempat. Setiap desa yang memiliki wilayah perbukitan, telah diberikan otonomi dalam pengelolaan aset daerah untuk dijadikan objek wisata. Salah satunya adalah Desa Ambengan yang terletak  di kecamatan Sukasada.

Desa Ambengan merupakan salah satu desa tua di Buleleng yang masih menjaga tradisi adat dan budaya hingga saat ini. Tidak hanya mengenai adat yang unik, pesona yang dimiliki Desa Ambengan juga sangat indah, mulai dari pesona alam perbukitan, hamparan sawah, air terjun, hingga objek wisata yang dikembangkan secara mandiri. Objek-objek wisata tersebut telah dikelola secara profesional melalui kelompok sadar wisata (POK Darwis) yang terdiri dari anak-anak muda desa. Pesona alam yang indah didukung oleh pengelolaan yang baik tentu akan sangat memikat perhatian para wisatawan untuk mengunjungi Desa Ambengan. Beberapa Objek wisata diantaranya adalah Air Terjun dan Kolam Renang Jembong, pesona keindahan air terjun Jembong, sekilas seperti air terjun Kanto Lampo Gianyar, susunan bebatuan yang agak miring di tempat ini, terlihat menarik karena guyuran ataupun aliran air serta air terjun Jembong di desa Ambengan Buleleng ini terdiri dari dua tingkat, airnya juga mengalir jernih dari sumber mata air pegunungan.

Pada air terjun pertama tingginya berkisaran 15 meter, memiliki kemiringan sekitar 75 derajat, sehingga air tidak langsung terjun bebas ke bawah, tetapi seperti mengalir di bebatuan tersebut, dibawahnya terbentuk kolam penampungan alami dengan kedalaman 1 meter.

Suasana alam Jembong waterfall di Buleleng ini, begitu tenang dan damai terlihat indah dan asri jauh dari keramaian kota, selain merasakan segarnya mata air alam pegunungan akan membuat  betah berlama-lama.

Tempat rekreasi alam ini, menjadi tempat bersantai dan bercengkrama yang ideal, untuk mengisi aktivitas liburan baik itu bersama keluarga, anak-anak, atau bahkan dengan pasangan bulan madu anda. Jembong waterfall ini belum begitu banyak pengunjung, namun suasananya akan cukup ramai saat liburan hari raya.

Komentar atas Mengenal potensi Alam Wisata Desa Ambengan : Pesona Air Terjun Jembong

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Ambengan

tampilkan dalam peta lebih besar