Upacara Melaspas Candi Gapura Desa

23 Mei 2024 21:08:45 WITA

Candi gapura merupakan wajah dari sebuah desa yang dimana ketika memasuki sebuah desa yang pertama kita lihat adalah candi gapura sebagai penanda bahwa kita berada di batas wilayah antar desa. Dan setiap desa mempunyai ciri khas masing-masing dalam penataan dan konsep dari candi tersebut.
Sama halnya pembangunan candi gapura memerlukan beberapa tahap, baik pengukuran lahan dan jenis candi, menentukan hari baik  untuk memulai pembangun dasar candi, yang seperti kita ketahui tidak hanya sekedar pengukurannya saja tapi kita sebagai umat hindu di Bali ada baiknya menentukan hari baik untuk upacara-upacara  secara bertahap dalam pembangunan candi. Dan di tahapan ini gapura yang di bangun bisa memakan waktu sekitar 3-4 bulan.

Dengan demikian bertepatan dengan Budha Menail Purnama Sadha Pemerintah Desa Ambengan melaksanakan Upacara Melaspas Candi Gapura Desa yang di awali dengan acara mecaru dan di lanjutkan dengan upacara selanjutnya. Turut Hadir Pemucuk LPD Desa Ambengan, Kelian Adat Desa beserta Prajuru, Ketua Kader Posyandu Desa Ambengan, Tim Kebersihan, Tim Air Desa, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa. (22/5)

Komentar atas Upacara Melaspas Candi Gapura Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Ambengan

tampilkan dalam peta lebih besar