Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia

Pemdes Ambengan 28 November 2022 14:28:03 WITA

Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Pohon menjaga suhu bumi tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara. Pohon juga memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman, dan mengurangi peluang penyebaran patogen antara hewan dan manusia.

Kemampuan pohon untuk menyerap CO2 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim. Penyebab utama dari perubahan iklim adalah peningkatan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia (antropogenik). CO2 merupakan salah satu gas rumah kaca utama pemicu perubahan iklim. Melalui proses fotosintesis, pohon menyerap CO2, menyimpan karbon dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Pada tanggal 28 November merupakan Hari Peringatan Menanam Pohon Indonesia dengan ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng mengajak Pemerintahan Desa Ambengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon di kawasan hutan Desa Ambengan tepatnya di KTH Giri Wana Amertha dekat Pura Bukit Kauh.
Adapun 200 bibit pohon di tanam di sekitar kawasan hutan, baik bibit pohon buah dan lainnya.

Kegiatan ini sangat berpengaruh yang bisa mencegah dampak perubahan iklim di antaranya laju air dan erosi serta ikut mengajak para warga sekitar untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran agar menjaga kelestarian hutan dan lingkungan mengingat banyaknya bencana alam pada musim hujan ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Ambengan

tampilkan dalam peta lebih besar