Vaksinasi Hewan Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku

Pemdes Ambengan 13 September 2022 12:31:30 WITA

Penyakit mulut dan kuku (biasa disingkat PMK; bahasa Inggris: foot-and-mouth disease, disingkat FMD) adalah penyakit hewan yang sangat menular akibat infeksi virus penyakit mulut dan kuku (FMDV). Penyakit ini dicirikan oleh luka (berupa lepuh dan/atau erosi) di bagian mulut dan kuku pada hewan berkuku belah, seperti sapi dan babi. Tindakan ini dilakukan agar hewan lebih kebal menangkal virus. Hal ini juga akan berimbas pada penurunan biaya pemeliharaan hewan ternak.

 Pemerintahan Desa Ambengan bersama Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng melaksanakan giat vaksinasi hewan khususnya sapi sesuai surat edaran dari Pemerintah (12/8). Ada 3 Tim yang ikut turun dalam kegiatan ini yaitu Tim dari Kecamatan Buleleng, Kecamatan Busungbiu, dan Kecamatan Kubutambahan dan ke 3 Tim di bagi ke 4 Banjar Dinas di desa Ambengan. Vaksinasi PMK dilakukan secara gratis. Kegiatan vaksinasi digelar antara lain di lokasi-lokasi peternakan rakyat, industry peternakan, dan pembibitan ternak.

 Jumlah hasil dari vaksinasi PMK masing-masing Banjar Dinas diantaranya Banjar Dinas Ambengan 70 ekor, Banjar Dinas Bukitbalu 32 ekor, Banjar Dinas Jembong 19 ekor, Banjar Dinas Pebantenan 61 ekor.

 “Besar harapan kami, kedepannya dengan adanya giat vaksinasi ini dapat mencegah lebih awal Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di Desa Ambengan” ujar Perbekel Desa Ambengan.

 

Komentar atas Vaksinasi Hewan Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Ambengan

tampilkan dalam peta lebih besar