Musyawarah Desa Dalam Pembentukan BUMDes Ma

Pemdes Ambengan 08 September 2022 15:06:36 WITA

Pelaksanaan Musyawarah Desa dalam rangka Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDes Ma) yang di laksanakan di Aula Gedung LPD Desa Ambengan. (6/8)

Di hadiri oleh Bapak Camat yang di wakili oleh Bapak Sekretaris Camat I Komang Budiarsana,SE, Ketua Pengelola UPK, Ngurah Adnyana dari Dinas PMD, Pemucuk LPD Desa Ambengan, Ketua BPD beserta Anggota, Direktur dan Staf BUMDes Amertha Sedhana, Badan Pengawas BUMDes, Ketua TP-PKK dan Anggota, Ketua Kader.

BUM Desa Bersama (BUMDESMA) adalah Badan Usaha Milik Desa Bersama yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh para Pemerintah Desa. Penyertaan saham Pemerintah Desa di BUMDESMA berasal dari kekayaan desa melalui APBDesa yang dinamakan Investasi Permanen Pemerintah Desa. Investasi Pemerintah Desa tersebut dimasukan dalam neraca BUMDESMA sebagai Ekuitas, yang kemudian dapat dioptimalkan oleh BUMDESMA untuk mengembangkan usahanya. Dengan berkembangnya bisnis BUMDESMA maka perolehan pendapatan Pemerintah Asli Desa dari hasil usaha, seperti dividen (bagi hasil) dan royalti, juga akan meningkat. BUMDesma pada dasarnya merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa-desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution).

BUMDesma sebagai lembaga sosial harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Hal ini sesuai dengan tujuan pendirian sebuah Bumdesma pada umumnya, yaitu: 1.Meningkatkan perekonomian antar desa; 2.Meningkatkan pendapatan asli desa-desa; 3.Meningkatkan pengelolaan potensi antar desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan 4.Menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Mengingat Desa Ambengan bergabung dengan Desa Kawasan Den Bukit yang dimana terdapat 8 Desa yang ikut bergabung dan di harapkan nantinya bisa membangun kerjasama antar desa guna mempererat dan memajukan perekenomian antar desa dengan adanya BUMDes Ma ini.

Komentar atas Musyawarah Desa Dalam Pembentukan BUMDes Ma

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Ambengan

tampilkan dalam peta lebih besar